Halaman

Senin, 11 April 2011

Gorengan Sehat


Gorengan apa yang kamu suka ? ada Ayam Goreng, ada tempe goreng, bala-bala, gehu, comro, dan gorengan yanglainnya. tapi terkadang saya pikir-pikir dulu kalo mau beli gorengan, rasanya kurang sehat apabila di goreng dengn minyak jelantah yang sudah menghitam, minyak jelantah juga sudah merupakan Limbah. tapi masih ada saja orang-orang yang nakal menggunakannya untuk meraih keuntungan.
Pernah saya beli Ayam Goreng gitu. . . .ayamnya keras dan item lgi. . . .berubah deh selera makan saya.

Mau tahu apa saja yang terkandung dalam minyak jelantah? ini dia kutipannya :

Minyak jelantah adalah minyak goreng bekas pakai (dari rumah tangga, rumah makan, warung, cafĂ©, katering, pabrik amplang (krupuk ikan makanan khas Kaltim) dan atau restoran-restoran masakan Cina). Minyak goreng, dimana selama proses penggorengannya dan selanjutnya menjadi minyak jelantah, banyak membentuk senyawa-senyawa yang bersifat karsinogenik dan biasanya juga banyak mengandung zat- zat pengotor yaitu sisa-sisa hasil gorengan, kadar air serta asam lemak bebas (ALB) yang tinggi, sehingga berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi lagi karena dapat menimbulkan banyak penyakit seperti kanker dan penyempitan pembuluh darah. Dan sementara itu jika dibuang begitu saja maka akan mencemari lingkungan sekitar. 
Bila ditinjau dari komposisinya, minyak jelantah mengandung senyawa-senyawa yang bersifat karsinogenik, yang terjadi selama proses penggorengan. jadi jelas bahwa pemakaian minyak jelantah yang berkelanjutan dapat merugikan kesehatan manusia (Darnoko, D. 2002 Prutenis J, dkk. 2005.).

Lalu bagaimana cara mendapatkan Gorengan yang sehat ?
Buatlah sendiri dirumah, lebih hemat dan Higienis :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klik salah satu Info dibawah ini

Follow Me

Komentar Pengunjung

Klik salah satu Info dibawah ini

My Favorite Song


Edcoustic - Menjadi Diriku Mp3
Mp3-Codes.com