Halaman

Rabu, 27 April 2011

Menghasilkan anak Laki-laki atau Perempuan


Lambang gen adalah hasil kesepakatan ilmuwan.

Perbedaan pria dan wanita adalah, pria memiliki sepasang kromosom yang disebut kromosom XY, sementara wanita memiliki pasangan Kromosom XX. menurut ilmu genetika, Kromosom X dan Y yang membedakan jenis kelamin seorang individu. "Pertarungan" pria dan wanita adalah hal yang lazim dalam masyarakat kita. Yang mungkin tidak lazim adalah fakta ilmiah bahwa "pertarungan" juga terjadi di level Genetika. Ya... Berbeda dengan Pasangan kromosom lainnya yang akur dan mesra, Pasangan kromosom X dan Y pada manusia kenyataanya saling menyerang dengan membuat enzym yang merusak DNA lawan. Fenomena ini dikenal dengan nama Interlocus Contest Evolution (ICE). Ironisnya, Berbeda dengan dunia nyata, disini pihak yang tertindas adalah koromosom Y alias kromosom Pria. Akibat serangan dari kromosom X, kromosom Y bermutasi habis-habisan. Dibanding Kromosom lainnya, Kromosom Y adalah kromosom paling kecil sekaligus paling efektif.

Kedengarannya aneh, namun kurang-lebih seperti itulah yang ditulis oleh Matt Ridley dalam buku "GENOM: Kisah Species Manusia" ketika membahas Kromosom XY. Ada sebuah gen dalam kromosom X yang bertugas membuat enzym yang mematikan sperma berjenis kelamin Pria (Sperma Y). Jika ada seorang pria mempunyai Gen seperti itu, hampir dipastikan Pria tersebut jika menikah hanya akan memiliki anak perempuan.

Jadi Kenapa Laki-laki XY dan Perempuan XX ?
Saat (pertempuran) sperma antara laki-laki dan perempuan akan bertemu dengan XY dan XX
 jika sperma laki-laki X dan Perempuan X pertemu maka akan menjadi kromosom XX yang berati perempuan tapi jika Sperma Laki-laki Y bertemu dengan X nya Perempuan maka akan menjadi XY yaitu laki-laki kira-kira seperti itu gambarannya, terjadinya laki-laki atau perempuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klik salah satu Info dibawah ini

Follow Me

Komentar Pengunjung

Klik salah satu Info dibawah ini

My Favorite Song


Edcoustic - Menjadi Diriku Mp3
Mp3-Codes.com